PC IMM TANGSEL

PC IMM TANGSEL
Ayolah a-yo...ayo..Derap derukan langkah, dan kibar geleparkan panji panji... Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, sejarah umat telah menuntut bukti...Ingatlah i-ngat...ingat...Niat tlah diikrarkan, kita lah cendekiawan berpribadi, Susila cakap takwa kepada Tuhan, pewaris tampuk pimpinan umat nanti..Immawan dan immawati...siswa teladan putra harapan, Penyambung hidup generasi..Umat Islam seribu zaman...pendukung cita cita luhur, negri indah adil dan makmur...

Jumat, 06 Juli 2012

Kemerosotan Toleransi Antar Umat Beragama

Pada  era  globalisasi  saat  ini, umat  beragama  berhadapan  dengan rangkaian tantangan  yang  tidak  jauh  berbeda  dari  yang  pernah  terjadi sebelumnya. Perbedaan  agama  merupakan  fenomena  nyata  yang  ada dalam  kehidupan. Karena  itu, lahirlah  toleransi  yang  sangat  penting perannya.
Pengertian  toleransi  dalam  Wikipedia  adalah  istilah  dalam  konteks  sosial, buidaya, dan  agama  yang  berarti  sikap  dan  perbuatan  yang melarang adanya  diskriminasi  terhadap  kelompok-kelompok  yang  berbeda  atau  tidak dapat  diterima  oleh  mayoritas  suatu  masyarakat. Contohnya, toleransi beragama, dimana  penganut  dalam  suatu  masyarakat  mengizinkan keberadaan  agama-agama  lainnya.

Tiap  agama  mengajarkan  toleransi
“Bagi  kalian  agama  kalian, dan  bagi  kami  agama  kami.” Ayat  tersebut tertera  dalam surah  Al-Kafirun  ayat  6 yang menggambarkan  toleransi  dalam agama  Islam. Selain  ayat  di atas, banyak  ayat  lain  yang  tersebar  di berbagai surat (Al-Qur’an). Dalam hadis pun terdapat praktik  toleransi, semisal, hadis  Rasulullah Saw. yang berbunyi, “Agama  yang  paling  dicintai  Allah  adalah  agama  yang  lurus  dan  toleran.”
Tak  hanya  Islam, lima dari enam  agama  yang  diakui  di  Indonesia, yakni Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, dan  Kong  Hu  Chu, juga  mengajarkan, bahkan  menganjurkan  untuk  saling  bertoleransi  antar  umat. Seperti  ucapan  dalam  ajaran  agama  Katolik yang tercantum dalam  Deklarasi  Konsili Vatikan  II  tentang  sikap  terhadap  agama-agama  lain, yang  berpegang  teguh  pada  hukum  yang  paling  utama, yakni “Kasihanilah  Tuhan dengan  segenap  hatimu  dan  segenap  jiwamu  dan  dengan  segenap  hal  budimu  dan  dengan  segenap  kekuatanmu. Kasihanilah  sesama manusia  seperti  dirimu  sendiri.”
Isi  deklarasi  di atas  menggambarkan  bahwa  pada  dasarnya  manusia  memiliki  hak  yang  sama, tidak  ada  rasa  untuk  membeda-bedakan  meski berlainan  agama. Juga  memiliki  sikap  saling  menghormati  agar  tercipta  kehidupan  yang  rukun  dan  damai.
Agama  lain  pun  mengajarkan  pula  ihwal  kerukunan. Dalam  pandangan  agama  Hindu  untuk  mencapai  kerukunan  antar  umat  beragama, manusia  harus  memiliki  dasar  hidup  yang  disebut  Catur  Purusa  Artha, yang  mencakup  Dharma, Artha, Kama, dan  Moksha. Dharma  artinya  susila  dan  berbudi  luhur. Dengan  Dharma, seseorang  akan  mencapai  kesempurnaan  hidup, baik  untuk  diri  sendiri, keluarga  dan  masyarakat. Artha, yakni  kekayaan yang  memberi  kepuasan  hidup. Kama  pun  diperoleh  berdasarkan  Dharma. Moskha  berarti  kebahagiaan  yang  abadi, yakni  tujuan  akhir  dari  agama  Hindu  yang  tiap  saat  selalu  dicari  sampai  berhasil. Upaya  mencari  Moskha  juga  berdasar  pada  Dharma.
Keempat  dasar  inilah  yang  merupakan  titik  tolak  terbinanya  kerukunan  antar umat  beragama. Keempat  dasar  tersebut  memberikan  sikap  saling  menghormati  dan  saling  menghargai  keberadaan  umat  beragama  lain. Tidak  saling  mencurigai, juga  tidak  saling  menyalahkan.
Sedangkan  menurut  agama  Buddha, berkembangnya  perpecahan  dan  hancurnya  persatuan  serta  kerukunan  mengakibatkan  pertentangan dan  pertengkaran. Sang  Buddha  bersabda  dalam  Dharma pada  ayat  6, yakni  “Mereka  tidak  tahu  bahwa  dalam  pertikaian  mereka  akan hancur  dan  musnah, tetapi  mereka  yang  melihat  dan  menyadari  hal  ini  akan  damai  dan  tenang.”
Dalam  pandangan  Kristen  Protestan, aspek  kerukunan  hidup  beragama  dapat  diwujudkan  melalui  Hukum  Kasih  yang  merupakan  pedoman hidup, yakni  mengasihi  Allah  dan  sesama  manusia. Kasih  merupakan  hukum  utama  dan  yang  terutama  dalam  kehidupan  umat  Kristen. Landasan  kerukunan  menurut  agama  Protestan  bersandar  pada  Injil  Matins  22:37.
Pandangan  terakhir, yakni  dari  agama  Kong  Hu  Chu, manusia  memiliki  lima  sifat  mulia  untuk  menciptakan  kehidupan  harmonis, yakni  Ren (cinta  kasih), Gi (solidaritas), Lee (sopan  santun), Ce (bijak, pengertian  dan  kearifan), dan  Sin (rasa  percaya). Memperhatikan  ajaran  Kong  Hu Chu  tersebut, lima  sifat  mulia  tersebut  sangat  menekankan  hubungan  yang  harmonis  antar  sesama  manusia  dengan  manusia  lainnya, tanpa membedakan  agama  dan  keyakinan, di samping  hubungan  harmonis  dengan  Tuhan  dan  serta  lingkungannya.
Terbukti, tiap  agama  mengajarkan  untuk  saling  mengasihi  dan  menyayangi  tiap  umat  tanpa  memandang  keyakinannya. Sayangnya, lagi-lagi konflik  antar  umat  beragama  terjadi  untuk  kesekian  kalinya di  Indonesia. Hal  tersebut  tercerminkan  dari  hasil  survei  yang  dilakukan  oleh Badan  Pengurus  Setara  Institut (BPSI)  tentang  keberagaman  publik. Hasil  survei  menyatakan, sebagian  besar  responden, yakni  45,9%, membuktikan  bahwa  keberlangsungan  kemajemukan  di  Indonesia  sedang  terancam.

Kemajemukan  di  Indonesia  terancam
Wakil  BPSI, Bonar Tigor Naipospos memaparkan, kemajemukan  di  Indonesia  terancam  akibat  kemerosotan  toleransi  antar  umat  beragama  akhir-akhir  ini.  Hasil dari survei yang dilakukan oleh BPSI terhadap 3000 responden di 47 Kabupaten  pada  10-25  Juli  2011  lalu  ialah sekitar  55,4% responden  menyatakan  sangat  setuju  dan  setuju  toleransi  antar umat  beragama. Sepuluh  provinsi  dilakukan  survei  dengan  metode  random, yakni  Jakarta, Jawa  Barat, Yogyakarta, Jawa  Timur, Nusa  Tenggara  Barat, Sulawesi  Selatan, Kalimantan  Timur, Sulawesi  Tengah, Sumatera Selatan, dan  Sumatera  Barat.
“Sikap-sikap intoleransi  dalam  pandangan  keagamaan  semacam  itu berdasarkan  persepsi  responden  dapat  mengalami  intensitas  yang berpeluang bagi munculnya tindakan kekerasan yang  mengatasnamakan  agama,” paparnya, Kamis (21/6). Bonar  menambahkan, survei  ini bertujuan untuk  mengetahui  pandangan  publik  dan  menghimpun  langkah  apa  yang  harus  dilakukan  oleh  negara  mengenai  persoalan keagamaan.

Upaya  memperbaiki  toleransi  antar  umat  beragama
Menanggapi  langkah  yang  harus  dilakukan  untuk  menumbuhkan  rasa    toleransi  antar umat  di  Indonesia, salah  satu  aktivis  HAM  pada Organisasi  Kerjasama  Islam, Siti  Ruhaini  Dzuhayatin  menegaskan, tiap  umat  Islam  hendaknya  selalu  melakukan  upaya  dialog  dalam  tiap pandangan, baik  antar  sesama  umat  Islam  sendiri  maupun  dengan  umat  lain. “Tantangan  peradaban  global  saat  ini  menuntut  umat manusia untuk  saling  menghormati  keyakinan, agama, dan  pandangan  masing-masing,” lanjutnya, Jumat (22/6).
Ruhaini  melanjutkan, masalah  toleransi  umat  beragama  akan  terselesaikan  jika  umat  Islam  dan  umat-umat  lainnya  ikut  memperjuangkan  nilai-nilai  toleransi  antar  umat  beragama, sikap  moderat, menentang  segala  bentuk  ektrimisme, tindakan  kekerasan, terorisme, menoleh  Islamphobia, dan  memediasi  negara-negara  untuk  memberikan  perlindungan  terhadap  hak  tiap  orang.  “Hal  itu  dilakukan  agar  antar  penganut  agama dapat  hidup  berdampingan  secara  damai,” tegasnya. (Hafiz Sholahudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar